Skip to main content

UNSOED Tuan Rumah PEKSIMIDA Jateng Tangkai Lomba Keroncong 2024

[unsoed.ac.id, Sen, 08/07/24] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (PEKSIMIDA) Jawa Tengah 2024, untuk kategori lomba Menyanyi Tunggal Keroncong. Ajang ini berlangsung pada 8 – 9 Juli 2024, bertempat di Gedung Aula Bambang Lelono Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed.

Ketua panitia Dr.Tri Wuryaningsih M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 21 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di provinsi di Jawa Tengah. Tercatat sejumlah 34 delegasi yang merupakan perwakilan dari universitas di Jawa Tengah. Dari 34 delegasi tersebut terdiri dari 14 peserta keroncong putra, dan 20 peserta keroncong putri.

“Kami juga menghadirkan para dewan juri yang tentu saja memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi dan untuk menjaga sportivitas kami, dewan juri kami datangkan dari luar kota. Tidak ada satupun dewan juri yang dari internal Unsoed,” ujar ketua panitia.

Ketua panitia juga menambahkan, kegiatan ini juga streaming youtube sehingga seluruh peserta ataupun juga pimpinan ataupun juga orang tua yang tidak sempat melihat putra putrinya untuk mendampingi di Purwokerto,  bisa melihat secara live di youtube unsoedofficial.

“Melalui ajang PEKSIMIDA ini diharapkan akan diperoleh delegasi yang terbaik untuk mewakili Provinsi jawa Tengah di tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Tengah yang diwakili oleh staf ahli BPSMI Jawa Tengah menyampaikan serangkaian lomba PEKSIMIDA ini akan diselenggarakan di 12 perguruan tinggi yang sudah dimulai pada 12 Juni 2024 dan akan berakhir pada 31 Juli 2024. Di Unsoed merupakan penyelenggara yang ke delapan dengan tangkai lomba menyanyi tunggal keroncong. Ia juga berharap semua wakil-wakil yang terbaik dapat betul-betul mewakili BPSMI Jawa Tengah, dan juga bisa kembali mempertahankan status juara umum nanti di Jakarta.

Mewakili rektor, Wakil rektor Bidang Umum dan Keuangan / WR II Unsoed Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum mengucapkan terima kasih atas diberikannya kesempatan kepada Unsoed untuk menjadi tauan rumah untuk penyelenggaraan PEKSIMIDA tangkai lomba menyanyi tunggal keroncong.

“Mudah-mudahan lomba yang diselenggarakan di Unsoed ini bisa melahirkan talenta keroncong untuk mewakil Jawa Tengah pada Peksiminas di Jakarta. Para peserta ini merupakan wakil dari generasi muda yang luar biasa yang menguri-uri salah satu seni khas Indonesia yaitu keroncong,” kata WR II.

Pembukaan lomba ditandai dengan pemukulan Gong oleh WR II, didampingi oleh WR III, Ketua panitia, dan perwakilan dari BPSMI Jawa Tengah.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia