Skip to main content

UNSOED Lepas 2.636 Mahasiswa KKN Reguler dan Internasional

[unsoed.ac.id, Sel, 09/07/24] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melepas 2.636 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik periode Juli-Agustus 2024, Selasa (09/07/24). Kegiatan bertempat di Hall Lembaga Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed. Tema KKN kali ini adalah “Pendampingan UMKM dan BumDes untuk Menggerakkan Ekonomi Masyarakat.

“Jumlah mahasiswa peserta KKN tematik periode Juli-Agustus 2024 adalah 2.636 mahasiswa. Dengan rincian 2.571 mahasiswa KKN Reguler dan 65 Mahasiswa Internasional, berasal dari 12 Fakultas di lingkungan Unsoed,” jelas Ketua LPPM Unsoed Prof.Dr.Ir Elly Tugiyanti MP dalam laporannya. 

Lebih lanjut Prof. Elly mengatakan, pada periode ini beberapa jenis KKN dan jenis kerjasama KKN, yaitu:

1.  KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat (di 223 desa, di 21 Kecamatan)

2.  KKN Tematik PUPR (di 10 desa)

3.   KN BKKBN (di 15 desa di 5 Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen)

4.   KKN-T BLU Reguler Unsoed (di 1 Desa, Kec. Kemangkon Purbalingga)

5.   KKN-T BLU (MBKM) di 1 desa di Kec. Baturaden Banyumas, dan 1 desa di Kec. Mrebet Purbalingga)

6.   KKN Pengabdian Masyarakat Mahasiswa/PMM-Dikti (di 2 desa, 1 di Kec. Paguyangan Brebes, dan 1 di Kec. Rakit Banjarnegara)

7.  KKN Nusa Persada (Bajo) di Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat.

8.  KKN Internasional (di 7 desa Malaysia Kuala Lumpur dan Sabah, serta KKN Int Thailand)

9.  KKN Gempur Rokok Ilegal, Kerjasama dengan Disperindagkop Propinsi Jateng di 223 Desa.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan KKN Pemberdayaan Masyarakat Unsoed, KKN PUPR, KKN BKKBN, KKN PMM, dan KKN-T BLU reguler, akan dilaksanakan selama 35 hari dari tanggal 10 Juli -13 Agustus 2024.  Kemudian KKN Tematik (MBKM = 16 Minggu) mulai tanggal 10 Juli sampai 30 Oktober 2024, KKN Internasional di Thailand mulai 13 Juli - 8 Agustus 2024, KKN Internasional di Malaysia Kuala Lumpur, dan di Malaysia Sabah mulai 27 Juli – 24 Agustus 2024, serta KKN Nusa Persada mulai 17 Juli – 20 Agustus 2024.

“Lokasi KKN tersebar di 8 Kabupaten, yaitu Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Brebes, Kebumen, Tegal, dan juga di Manggarai Barat. Sedangkan untuk KKN Internasional berlokasi di Malay Kuala Lumpur, Malay Sabah, dan Thailand,” urai Ketua LPPM.

Prof. Elly menambahkan, mulai periode Juli-Agustus 2024 ini sekarang selain Unsoed mengembangkan KKN Internasional, juga telah mengembangkan KKN Nusa Persada, yaitu KKN di daerah terpencil di luar pulau Jawa.  

Wakil Rektor Bidang Akademik / WR 1 Dr. Ir. Noor Farid, M.Si mewakili rektor berharap pelaksanaan KKN periode ini dapat memberikan arti bagi masyarakat serta mahasiswa peserta KKN.

“KKN ini merupakan salah satu pembelajaran untuk bermasyarakat, dengan mempraktekkan apa yang sudah diterima untuk diterapkan di masyarakat. KKN ini salah satu tujuannya adalah membekali mahasiswa,” kata WR 1.

Pada kesempatan tersebut WR 1 juga berpesan kepada peserta KKN untuk lebih berhati-hati, karena era digital ini paling memberikan dampak baik positif maupun negatif yang luar biasa. “Berkegiatanlah yang positif, sehingga pelaksanaan kegiatan KKN Unsoed memberikan nama harum bagi mahasiswa dan Unsoed,” pesan WR 1.

Mahasiswa KKN dilepas secara resmi oleh WR 1. Pelepasan KKN ditandai dengan pemakaian atribut KKN oleh rektor, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Alumni, dan Ketua LPPM Unsoed.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia