Skip to main content

UNSOED Bersama Yuntech University Gelar Summer Camp 2024

[unsoed.ac.id, Sel, 09/07/24] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berkolaborasi dengan National Yunlin University of Science and Technology (Yuntech) menyelenggarakan kegiatan Summer Camp Unsoed-Yuntech 2024. Summer Camp yang berlangsung selama 4 hari (1 hingga 4 Juli 2024) di Purwokerto, diikuti oleh total 21 mahasiswa Yuntech beserta 4 profesor Yuntech.

Agenda visitasi Unsoed diawali dengan pertemuan di Ball Room Gedung Integrated Academic Building (IAB) Unsoed. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni / WR III Unsoed Dr. Norman Arie Prayoga, S.Pi., M.Si., Dekan Fakultas Pertanian, beserta staff, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Direktur International Relation Office (IRO) Unsoed, Kepala Program Internasional FEB, dan Mr. Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D. selaku Ketua Panitia Summer Camp Unsoed-Yuntech 2024 sekaligus Wakil Dekan Fakultas Pertanian Bidang Umum dan Keuangan.

Pada hari pertama diadakan seremonial penyambutan, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan-kunjungan pada hari kedua. Pada hari berikutnya para mahasiswa Yuntech berkesempatan untuk mengunjungi Coconut Sugar Home Industry yang terletak di Pereng, Cilongok. Mereka mempelajari bagaimana proses produksi dan pemasaran gula kelapa. Kemudian berlanjut untuk wisata ke Curug Cipendok dan Manggala Ranch Farm. Disana mereka diedukasi mengenai pengelolaan hewan ternak di alam. Pada malam harinya mereka menginap di Bobocabin, Baturaden.

Hari ketiga di Purwokerto, mereka berekreasi ke Pancuran 7 dan Goa Lawa. Kemudian hari ke-4, mereka berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus dan melakukan visitasi di Unsoed.

“Acara Summer Camp ini merupakan program keberlanjutan kerjasama dengan YunTech sejak 2019. Tahun ini adalah pertama kali kami mengadakan Summer Camp dengan tema gunung hutan dan pertanian,” kata Budi Dharmawan selaku ketua panitia.

Pada pertemuan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorendum of Agreement antara Fakultas Pertanian Unsoed oleh dekan Faperta Unsoed, Prof. Sakhidin dengan pihak Yuntech diwakili oleh Prof. Chen Yuan Huang.

Untuk memeriahkan pertemuan visitasi tersebut, disajikan pula pertunjukan seni dari masing-masing pihak. Pihak Yuntech menyanyikan dan menari lagu dari Taiwan, begitupun dengan Unsoed menyajikan nyanyian serta tarian khas Jawa.

“Pendekatan kepada hutan dan pertanian merupakan experience unik dan pertama bagi mereka (peserta Summer Camp). Harapannya dari Summer Camp ini, programnya akan terus berkelanjutan sampai tahun-tahun kedepannya karena akan lebih banyak lagi mahasiswa yang dilibatkan untuk kegiatan seperti ini. Hal itu nantinya akan menjembatani program-program kerjasama antara Unsoed dengan YunTech.”, ungkap Budi.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia