Skip to main content

UPT Pusat Komputer

Puskom Unsoed merupakan pusat pengembangan dan implementasi sistem informasi berbasis komputer beserta infrastruktur pendukungnya.  Lembaga ini berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I.  UPT Puskom Unsoed didirikan atas dasar SK MENDIKBUD No. 0166/O/1995 pada tanggal 18 Juli 1995, sedangkan Organisasi dan Tata Kerja diatur dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman no 136/H23/OT/2007 dan no 137/H23/OT/2007.

Visi Puskom Unsoed

PUSKOM Unsoed diharapkan menjadi pusat terbaik dalam pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi terpadu yang mampu menyediakan data dan informasi yang valid, akurat, terkini, untuk mendukung pengembangan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk terwujudnya Unsoed yang mempunyai tata kelola yang baik dan berdaya saing tinggi.

Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

Pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Jenderal Soedirman diawali dengan pengembangan infrastruktur fisik (hardware) maupun (sofware) yang meliputi komponen-komponen network, server, workstation, peralatan komunikasi, dan prasarana pendukung lainnya seperti gedung dan listrik.  Pembangunan infrastruktur network Universitas Jenderal Soedirman telah dimulai sejak tahun 1999, didanai oleh ADB-Loan yang terdiri dari komponen-komponen jaringan, server, workstation dan fasilitas sambungan ke Internet dan komponen jaringan lokal untuk menghubungkan semua fakultas.

Untuk peningkatan layanan administrasi akademik Unsoed, tahun 2003 - 2005 dengan dukungan hibah semi kompetitif SP4 telah dikembangkan aplikasi Sistem Informasi Akademik berbasis web (Web Engineering), suatu rekayasa untuk membangun aplikasi berbasis teknologi web dengan pendekatan metodologi dan keilmuan sehingga didapatkan suatu perangkat lunak yang berkualitas.  Inti dari aplikasi Sistem Informasi Akademik tersebut menggunakan framework maupun bahasa pemrograman yang telah mengantisipasi skalabilitas, portabilitas, multiplatform, dan security.  Outcome dari adalah database akademik yang terintegrasi yang didukung dengan ketersediaan data kemahasiswaan dan kepegawaian.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi  khususnya untuk mendukung peningkatan kualitas proses belajar mengajar terus dikembangkan.  Untuk meningkatkan fleksibilitas ruang dan waktu, serta kemandirian mahasiswa dalam pembelajaran, Puskom Unsoed telah mengembangkan pemanfaatan sarana elearning.  Perangkat lunak LMS (Learning Management System) yang digunakan adalah open source OLAT (On-line Learning and Training) yang telah dikembangkan oleh Universitas Zurich sejak 1999.  LMS ini sudah mulai digunakan di Unsoed setelah diadakan pelatihan penggunaan OLAT bagi dosen-dosen Pascasarjana Unsoed pada bulan April 2007.

Pengembangan masih terus dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa, dosen staf dan seluruh stakeholders, di antaranya yang didukung oleh Projek IMHERE 2007 – 2009, yaitu meningkatkan kinerja sistem informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas manajemen Unsoed, meliputi grand design pengembangan untuk 10 tahun mendatang, meningkatkan manajemen sistem informasi, kemampuan staf, aksesibilitas sistem informasi dan integrasi Sistem Informasi Unsoed.

2. Macam dan Sistem Layanan

Layanan teknis yang diberikan UPT Puskom Unsoed kepada Mahasiswa, Dosen, Karyawan Unsoed dan Umum adalah:

  • Pemanfaatan IT untuk pembelajaran (e-learning)

Untuk dosen, UPT Puskom menyediakan LMS (Learning Management System), menyediakan dukungan teknis dalam konversi bahan ajar konvensional ke format e-learning, dan mengunggah materI pembelajaran ke LMS, dan akses ke sumber bahan ajar online melalui Internet.

Untuk mahasiswa, UPT Puskom memberikan bantuan teknis dalam mengakses dan memanfaatkan LMS dengan sistem pembelajaran online yang disediakan oleh dosen mereka.

  • Pembuatan dan penggunaan weblog pribadi untuk mahasiswa dan dosen.

Mahasiswa dan dosen bisa mendapatkan account hosting untuk weblog pribadi yang disediakan oleh Puskom dengan domain pengguna.blog.unsoed.ac.id.

  • Penggunaan account Email Unsoed.

Mahasiswa, dosen dan staf bisa mendapatkan email account (nama.pengguna@unsoed.ac.id)

  • Hotspot area untuk Akses Internet bagi mahasiswa, dosen dan staf.

Mahasiswa, dosen dan staf bisa mendapatkan layanan akses Internet melalui hotspot area yang tersedia di berbagai tempat di seluruh kampus Unsoed.

  • Instalasi dan penggunaan Software Berlisensi

UPT Puskom mengelola dan memberikan layanan teknis instalasi dan penggunaan software berlisensi (Microsoft Campus Agreement) yang disediakan oleh Universitas Jenderal Soedirman.

3. Tata cara dan Aturan Penggunaan Fasilitas

            Setiap mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan layanan teknologi informasi tersebut di atas tanpa dipungut biaya dengan tatacara sebagai berikut:

  • Pemanfaatan IT untuk pembelajaran (e-learning)

Untuk mendapatkan layanan teknis pembelajaran dengan sistem e-learning, dosen dan mahasiswa dapat menghubungi UPT Puskom, telpon: 625228, pada jam kerja (08.00-14.00).

  • Pembuatan dan penggunaan weblog pribadi untuk mahasiswa dan dosen

Dosen dan mahasiswa datang langsung ke UPT Puskom, mengisi formulir pendaftaran blog, dan menyerahkan formulir yang telah diisi ke petugas. Account blog dan template yang diminta akan siap dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Dosen, mahasiswa dan staf Unsoed dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan email account secara online atau datang langusng ke UPT Puskom pada jam kerja, dan mendapatkan approval setelah verifikasi identitas diri sebagai anggota civitas academica Unsoed.

  • Hotspot area untuk Akses Internet bagi mahasiswa, dosen dan staf

Untuk dosen, mahasiswa dan staf bisa mendapatkan formulir pendaftaran layanan Internet dengan cara mengunduh dari www.unsoed.ac.id. atau dari Bagian Pendidikan Fakultas.  Setelah formulir diisi lengkap, dilampiri fotokopi Kartu Mahasiswa (bagi mahasiswa), dan diberi cap (stempel) Bagian Pendidikan Fakultas, atau Unit Kerja yang bersangkutan.

  • Instalasi dan penggunaan Software Berlisensi (Microsoft Campus Agreement)

Untuk mendapatkan layanan teknis dalam instalasi penggunaan sofware berlisensi yang disediakan oleh Unsoed, Dosen, mahasiswa dan staf, dapat langsung datang ke UPT Puskom pada jam kerja dengan membawa media penyimpan, menunjukkan bukti diri sebagai anggota civitas academica Unsoed dan membaca serta memahami aturan serta (Term and Agreement) yang berlaku.