Skip to main content

Program Studi S1 Ilmu & Teknologi Pangan

DESKRIPSI

Program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) merupakan program studi sarjanadi bawah Jurusan Teknologi Pertanianpada Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED).Program studi ini sebelumnya dikenal dengan nama Program Studi S1 Teknologi Hasil Pertanian  yang berdiri sejak tahun 1984 sesuai dengan SK Dirjen DIKTI No29/DIKTI/Kep/1984 dan dikukuhkan dengan SK Dirjen DIKTI No. 219/DIKTI/Kep/1996 tanggal 11 Juli 1996. Sampai  tahun 2012 program studi ini terakreditasi B. Pada tahun 2007, mengacu pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.163/DIKTI/Kep./2007 tertanggal 29 November 2007, tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi di Lingkungan Perguruan Tinggi, telah dilakukan perubahan nama prodi yang dikukuhkan dengan SK Rektor Universitas Jenderal Soedirman No. 90/H23/PR/2009 tertanggal14 Februari 2009. Lulusan Program Studi S1 Ilmu & Teknologi Pangan UNSOED akan memiliki menguasai penguasaan konsep dasar ilmu pangan, yaituKimia dan Biokimia Pangan, Rekayasa Proses Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, Pangan dan Gizi, dan Manajemen Industri Pangan.

 

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

Profil lulusan program studi ini adalah menjadi sarjana yang dapat berperan sebagai pelaku dibidang pangan, manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator), konsultan yang profesional di bidang teknologi pangan,pengusaha(entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator), peneliti, dan pendidik (fasilitator, motivator, dan mediator) dengan kompetensi menguasai konsep dasar ilmu pangan, yakni Kimia dan Biokimia Pangan, Rekayasa Proses Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, Pangan dan Gizi, Manajemen Industri Pangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

MATA KULIAH INTI

Dasar Teknologi Pengolahan, Biokimia Pangan, Evaluasi Sensori, Teknologi Pengolahan Pangan, Analisis Pangan, Prinsip Teknik Pangan, Satuan Operasi  Industri, Pengembangan Produk Pangan,Teknologi Buah dan Sayur, Teknologi Produk Bakery,  Teknologi Serealia, Kacang, dan Umbi;Teknologi Tepung, Pati, dan Gula;  Teknologi Pengolahan Hasil Palmae, Rekayasa Pangan Tradisional, Teknologi Hasil Ternak dan Perairan, Mikrobiologi Dasar, Kimia Pangan, Bahasa inggris, Statistika, Etika dan Komunikasi bisnis (industry),  Kewirausahaan (enterpreunership), Mikrobiologi pangan, Enzimpangan, Manajemen mutu dan keamanan pangan, Pangan fungsional, Biokimia pangan, Fisiologi pascapanen,Teknologi pemanfaatan limbah hasil pertanian, Teknologi pasca panen, Teknologi pengemasan, Teknologi Produk Bakery,Perencanaan Proyek Industri Pangan, Manajemen Usaha Industri Pangan.

GELAR

Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP)

SUMBER DAYA DOSEN

Prodi ITP sampai saaat ini memiliki 22 dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan 1 orang guru besar, 6 orang doktor dan 15 orang magister seperti disajikan dalam Tabel 1. PS ITP terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya dengan mendorong agar setiap dosen bisa meraih jenjang pendidikan sampai ke tingkat doktor (S3). Saat ini sebanyak 7 orang sedang menempuh program doktor di dalam negeri dan luar negeri. Mulai tahun 2009 PS ITP menekankan kepada bidang keahlian untuk masing-masing dosen dan sudah terbentuk 4 kelompok bidang keahlian (KBK) yakni Teknologi Pasca Panen (TPP), Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Teknologi Industri Pertanian (TIP)serta Pangan dan Gizi (PG)

 

FASILITAS

Ruang-ruang kuliah dan seminar,  Lab. Teknologi Pengolahan, Lab. Pangan dan Gizi, Lab. Manajemen Agroindustri, Lab. komputer, Lab. Teknik Pertanian, jaringan internet, pusat layanan informasi ilmiah (PLII).

 

KERJA SAMA

Program Studi S1 Ilmu & Teknologi Pangan melalui Fakultas dan Universitas telah melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta di dalam dan luar negeridalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa diantaranya adalah kerjasama dengan Osaka University, Gotingen University, Adelaide  University, PEMDA Banyumas, PEMDA Cilacap, Balitbang Provinsi Jawa Tengah, Badan Ketahanan Pangan, LIPI Jakarta, Disperindagkop, Departemen Pertanian, dan industri-industri pangan dan hasil pertanian.

 

PROSPEK KERJALULUSAN

Lulusan program studi ini  memiliki prospek untuk bekerja di berbagai tempat, seperti :

Industri pangan skala nasional baik industri makanan, industri minuman, ataupun industri bahan baku pangan (intermediet product). Di industri pangan tersebut, lulusan PS ITP dapat menangani bidang produksi, pengawasan mutu, riset dan pengembangan produk baru, purchasing (suplai bahan baku) ataupun marketing (pemasaran); sebagai staf pelaksana, supervisor, ataupun manajer, Perusahaan yang bergerak di bidang Pertanian dan Bisnis Pertanian (Agribisnis),  Akademisi seperti staf pengajar Perguruan Tinggi (dosen)danguru, Lembaga Penelitian seperti LIPI, BATAN, Badan Usaha Milik Negara seperti Badan POM, PTPN Nusantara, Instansi Pemerintah seperti Departemen Pertanian, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Pemerintahan daerah (PEMDA), Bapeda, Perbankan dan wirausahawan

 

ALAMAT

Komplek Fakultas Pertanian UNSOED,Karangwangkal

Jl. Dr. Suparno, Purwokerto

Telp/Fax: (0281)621094/638791

Website:http://faperta.unsoed.ac.id