Skip to main content

LPPM

Website : http://lppm.unsoed.ac.id

PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PENDAHULUAN

Unsoed sebagai lembaga perguruan tinggi di wilayah selatan Jawa Tengah harus mampu berperan optimal dalam pengembangan, inovasi dan adopsi teknologi tepat guna. Optimalisasi peran ini dilakukan dengan mendorong dan mengelola hasil-hasil penelitian yang berbasis pada pengembangan teknologi.

Hal ini harus didukung dengan adanya sistem informasi yang terintegral dan berkaitan dengan penelitian berbasis teknologi yang telah dilakukan. Pentingnya desiminasi, dan  road map potensi pengembangan inovasi, dan adopsi teknologi yang berpihak pada pembangunan pedesaan menjadikan pencitraan Unsoed lebih optimal dalam peran serta pembangunan pedesaan.

Kondisi ini sebenarnya menjadi tantangan tersendiri bagi Pusat Pengembangan Teknologi untuk mendesain pengembangan inovasi dan adposi teknologi tepat guna. Hal ini didasarkan pada potensi yang tinggi dan telah dihasilkan oleh para peneliti Unsoed yang belum terkelola dengan baik.

Berbagai penelitian dengan multidisiplin ilmu yang berbasis pada pengembangan teknologi telah dilakukan dan dikembangankan, seperti pakan ternak yang hiegines, produk padi Gogo, tanaman bawang merah pesisir, kedelai unggul, dan social engenering yang telah dipatenkan. Potensi ini terus dikembangkan dengan membangun jaringan dan kemitraan dengan pengguna di lingkungan BUMN, pemerintah daerah dan berbagai pihak lain.

Hal ini telah menunjukkan entry point bagi tingkat kepercayaan mitra dalam pemanfaatan teknologi tepat guna yang berbasis pada pembangunan berkelanjutan berdimensi kearifan lokal. Ini adalah keunggulan yang telah dimiliki dan berusaha untuk dikembangkan menjadi lebih handal dan profesioanl serta berdaya saing tinggi.

VISI, MISI, FUNGSI DAN TUJUAN

VISI

Menjadi Pusat pengembangan, Inovasi, adopsi teknologi tepat guna yang handal dan professional serta berdaya saing tinggi dalam mewujudkan pembangunan  pedesaan berkelanjutan yang berbasis pada kearifan lokal

MISI

  1. Mengembangkan berbagai disiplin ilmu yang berbasis pengembangan, inovasi dan adopsi teknologi sebagai pendekatan dalam pembangunan desa berkelanjutan.
  2. Meningkatkan dan mendayagunakan kapasitas dan kapabiltitas dosen dan peneliti dengan mengembangkan  atmosfer akademik dan kemampuan intelektualnya  untuk pengembangan dan inovasi teknologi.
  3. Mengembangakan pola kemitraan dengan pegguna teknologi tepat guna.
  4. Meningkatkan  kehandalan, profesionalisme daya saing para peneliti dalam mengembangkan, teknologi tepat guna.
  5. Berperan serta mewujudkan Unsoed sebagai perguruan tinggi yang konsen dalam pembangunan pedesaan  berkelanjutan yang berbasis pada teknologi tepat guna.
  6. Meyebarluaskan teknologi unggul kepada masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder, media cetak dan elektronik.
  7. Menyelenggarakan gelar teknologi unggulan Unsoed di tingkat regional dan nasional

FUNGSI

  1. Mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan transfer teknologi.
  2. Mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan pengembangan unit usaha komersial yang menghasilkan produk (jasa dan/atau barang) hasil ciptaan mitra internal UNSOED

TUJUAN

  1. Menghasilkan dan mengembangkan inovasi dan adopsi teknologi dalam  mendukung pembangunan pedesaan berkelanjutan.
  2. Merumuskan dan mengembangakan inovasi dan adopsi teknologi tepat guna dalam pembangunan desa yang berkelanjutan berbasis pada local wisdom.
  3. Meningkatkan kemitraan dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan inovasi dan adopsi teknologi tepat guna yang berbasis pada local wisdom
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama penelitian dalam rangka pemanfaatan teknologi tepat guna untuk pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal.
  5. Transfer/alih teknologi dalam pembangunan pedesaan berkelanjutan berbasis kearifan dan sumberdaya lokal dan melibatkan komponen Akademis, Bisnis, Lembaga Pemerintah, NGO dan Masyarakat

ORGANISASI

Puslit Pengembangan Teknologi memiliki  5 (lima) divisi yaitu : Divisi ini terbagi dalam divisi Industri, divisi BUMN, Divisi Pemerintahan, Divisi NGO dan Masyarakat serta divisi Publikasi dan Desiminasi
Ketua                : Dr. Ir. Saparso, M.P.
Sekretaris         : Tobirin, S.Sos. M.Si
Bendahara        : Drs. Sugiharto, M.Si.

Divisi :
1.   Industri          : Acep Taryana, S.Si., MT.
                                Ropiudin, S.T.P. M.Si.
2.   BUMN             : Ir. S.H. Suseno, SU
3.   Pemerintah   : Dr. Toto Sugito, M.Si
4.   NGO dan masyarakat         : Dr. Saryono S.Kp, M.kes
5.   Publikasi dan Desiminasi : Ir. Alif Einstein. M.Hum

 

KEGIATAN DAN PROGRAM

  1. Kegiatan Pameran Teknologi
  2. Roadshow dan Pembangunan Jaringan Kemitraan
  3. Desiminasi dan Pelatihan
  4. Jasa Konsultasi Pembangunan Masyarakat Madani
  5. Forum Inovasi Teknologi dan Jaringan Kemitraan

TATACARA BERMITRA

Parapihak

Merupakan pihak-pihak yang dalam perjanjian disebutkan nama, umur, pekerjaan, alamat, hak dan kewajiban baik sebagai pribadi, mewakili badan atau institusi.

 

Prosedur

Parapihak yang ingin bermitra dengan Pusat Pengembangan Teknologi UNSOED mengisi formulir yang dipersyaratkan dapat melalui beberapa cara sebagai berikut:

  • mendaftarkan/berhubungan secara langsung dengan mendatangi kantor Pusat Pengembangan Teknologi UNSOED di Gedung Lembaga Penelitian, Jl. dr. Soeparno Purwokerto 53122
  • membuka websitewww.unsoed.ac.id
  • menulis e-mail ke ppusbangtek@yahoo.com

Persyaratan mitra

  • Orang atau badan hukum
  • Memiliki akta Pendirian (bagi badan hukum)
  • Mempunyai NPWP
  • Mempunyai Ijin praktik (bagi profesional)

 

Model Kemitraan

Model kemitraan didasarkan pada asas saling menguntungkan ke dua belah pihak dengan bentuk perjanjian yang disepakati bersama.

Ruang Lingkup Kerjasama

  • Penelitian
  • Pelatihan
  • Pengembangan Inovasi Teknologi
  • Desiminasi dan Alih Teknologi
  • Biro kunsultasi

INFORMASI LEBIH LANJUT

Tobirin, S.Sos. M.Si
Puslit Pengembangan Teknologi-UNSOED)
Lembaga Penelitian
Universitas Jenderal Soedirman
Gedung LPPM Lt. 1
Kampus Unsoed Grendeng
Jl. dr. Soeparno Purwokerto
Telp. / Faks. (0281) 642083
HP. 08157944521