Yang Berprestasi

Agung P Dhartono

Deskripsi Personal: 

Mewakili lamamater yang terbilang masih muda bukan tak mungkin justru mengalahkan yang lebih tua.  Mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed Agung Prabowo Dhartono membuktikannya.  Meskipun Kedokteran Gigi Unsoed masih terbilang muda, Agung justru menunjukkan prestasi membanggakan di berbagai kompetisi karya ilmiah tingkat nasional.  “Salah satu perlombaan yang paling berkesan bagi saya di FKG USU di Medan, dimana saya mendapat juara 1 di dua kategori yaitu literature dan research competition. Pada perlombaan tersebut saya bersama ke 4 rekan saya, Catur Aditya, Nasriana, Yoanita, dan Aninda,” kisahnya.  Berbagai kompetisi lain yang juga dijuarai Agung diantaranya adalah Juara 2 Research Competition DSM UI, Juara 3 Literature Review SWORD FKG Unmas, dan Juara 1 Research Competition Jakarta Islamic Forum FKG UI 2013. Agung juga beberapa kali menjuarai lomba poster dan bahkan hari ini sedang mengikuti lomba paduan suara.

Mengikuti lomba karya tulis ilmiah memang tidak mudah, namun menurut Agung satu hal yang harus ditekankan adalah jangan menganggap sulit.  “Jangan ragu menulis karya tulis ilmiah,” tegasnya.  “Ketika mengikuti perlombaan LKTI baik research maupun literature hal yang pertama di nilai adalah abstrak, ketika gagal ikutilah lagi yang lain, jangan pernah putus asa, walaupun harus revisi berkali-kali,” lanjutnya.  Atas kegigihannya itu, Agung sejak 2013 termasuk mahasiswa yang berlangganan juara dalam berbagai perlombaan karya ilmiah.

Selain rajin mengikuti kompetisi ilmiah, Agung juga aktif berorganisasi.  Wakil Presiden BEM KBMKG Unsoed ini juga pengurus UKM Dental Study Club, Anggota UKM Orthodonsi, dan juga Futsal.  Sampai hari ini Agung juga menjadi anggota UKM Basket FKIK. “Berorganisasi bukan sekedar menambah pengetahuan, akan tetapi melatih sosialisasi, menambah pengalaman, dan tentu memiliki banyak teman,” ungkapnya.

Atas seluruh prestasi yang diraihnya, Agung sangat berterima kasih atas dukungan kedua orang tuanya.  “Orang tua saya sangat membantu dan mendukung saya dalam berbagai kegiatan yang saya lakukan,”ungkapnya.  “Dukungan pembimbing saya, drg. Ali Taqwim juga luar biasa, yang membantu saya membuat abstrak dan full paper untuk perlombaan,”jelasnya.  Agung juga memiliki impian untuk terus lebih berkembang di bidang penelitian hingga kelak menjadi peneliti atau pendidik yang selalu berusaha menemukan kebaruan dalam ilmu kedokteran gigi. 

Juara: 

Tingkat Kejuaran: 

Nama Kejuaran: 

Research Competition dan Literature Competition