Skip to main content

Rektor dan Wakil Rektor

Rektor dan Wakil Rektor


Profil Pimpinan Universitas

Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S., adalah rektor ke-11 sejak Universitas Jenderal Soedirman berdiri pada 23 September 1963. Sosok akademisi di bidang pemuliaan tanaman ini dikenal sebagai pula sebagai pecinta dunia padi yang bahkan mengantarkannya mendapat penghargaan dari presiden Republik Indonesia sebagai inovator pangan dan pertanian. Lahir di Banyumas 5 Mei 1960 adalah seorang Profesor pada Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Sebelum menjadi rektor, beliau tercatat pernah diamanahi sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatUNSOED,Kepala Laboratorium Pemuliaan Tanaman, Ketua Program Studi Pemuliaan Tanaman serta Ketua Program Studi Agroteknologi di Fakultas Pertanian. Selain itu, dalam pengembangan profesi keilmuannya, tercatat pula beliau sebagai Ketua Perhimpunan Pemuliaan Indonesia (Peripi) Komisaris Daerah Banyumas.

Prof.Dr.Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.agr, merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik untuk masa jabatan 2018-2022. Profesor dalam Bidang Ilmu Ternak Potong ini dilahirkan di Batang, 28 Januari 1969 tercatat sebagai dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman dan mengajar dari jenjang diploma hingga program doktor. Tidak hanya piawai dalam dunia ilmiah, beliau juga dikenal aktif pada organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan, termasuk menjadi pembina dan pendamping Kelembagaan Kelompok Tani Ternak Ruminansia Besar dan Kecil serta dewan pakar pada himpunan peternak domba dan kambing Indonesia. Konsultan BI untuk Program Pemberdayaan Ekonomi Daerah dan Program Pengembangan Klaster Sapi Potong di Purwokerto ini tercatat pernah menjadi Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman periode 2010-2017.

Prof. Dr. Hibnu Nugroho, S.H., M.H., merupakan akademisi Fakultas Hukum Unsoed yang kerap ide dan gagasannya mewarnai media massa. Profesor kelahiran Karanganyar 24 Juli 1964 saat ini dipercaya sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan dan juga dikenal sebagai pegiat anti korupsi. Hal tersebut dapat terlihat dengan dipercayanya beliau sebagai Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, Anggota Tim Penguatan Pendidikan Anti Korupsi Kemenristekdikti serta Senior Anticorruption Instructor Badan Nasional Sertifikasi – KPK. Sebelum dalam jabatan saat ini, beliau tercatat sebagai Ketua Bagian Hukum Acara Pidana dan Koordinator Program Magister Ilmu Hukum FH Universitas Jenderal Soedirman.

Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum., saat ini mendapat amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni periode 2018-2022. Dosen Fakultas Hukum Unsoed kelahiran Cilacap, 29 Agustus 1965, sebelumnya merupakan Kepala Badan Pengelola Usaha Unsoed, dan berturut-turut sebelumnya pernah pula bertugas sebagai Staf Ahli Rektor Bidang Hukum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan pada Fakultas Hukum Unsoed, Sekretaris Program Ekstensi dan Ketua Bagian Dasar-dasar Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Unsoed. Tercatat pula, beliau sebagai anggota organisasi keilmuan yakni Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (MAHUPIKI) serta Ketua Pusat Kajian Hukum dan Sistem Peradilan Pidana pada Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si., dikenal sebagai akademisi di bidang pangan dan gizi, yang kini mendapat amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat. Sebelum dalam jabatan tersebut, beliau dikenal akrab dengan dunia kemahasiswaan, karena tercatat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan juga pernah sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Fakultas Pertanian. Tidak hanya itu, Dosen pada Fakultas Pertanian kelahiran 29 Mei 1964 ini juga pernah menjadi Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Kepala Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman serta Kepala Pusat Penelitian Pangan, Gizi dan Kesehatan di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman dan aktif pada keanggotaan Profesi PATPI dan Pergizi pangan.