News

Serahterima Calon Mahasiswa Baru Berpembiayaan PT ANEKA TAMBANG

Bertempat di Ruang Rapat Senat Rektorat UNSOED, Rektor Prof. Edy Yuwono, Ph.D. menerima calon mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 yang mendapatkan pembiayaan pendidikan dari PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk. di mana para mahasiswa tersebut diserahkan oleh Manajer Pasca Tambang PT. Aneka Tambang, Samsudin. Pihak PT. Aneka Tambang mengungkapkan, bahwa  bahwa program ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu di mana untuk tahun ini, PT Aneka Tambang memberikan beasiswa kepada 17 calon mahasiswa yang berasal dari wilayah eks penambangannya, yakni di Purworejo dan Ternate. Ditambahkan pula, para calon mahasiswa tersebut adalah mereka yang telah lolos seleksi internal sekaligus juga dalam program PPSB UNSOED dan diharapkan setelah lulus kelak, dapat kembali dan membangun daerahnya.

Rektor yang dalam kegiatan ini didampingi oleh Pembantu Rektor IV, Ir. Budi Rustomo, M.Rur.Sc., Ph.D. dan Kepala Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan, Dra. Krishnoe Maya Wulandari, MM. mengungkapkan, bahwa para calon mahasiswa yang dibiayai oleh PT. Aneka Tambang hendaknya senantiasa mensyukuri keadaan ini mengingat tidak semua orang di daerahnya mendapatkan kesempatan melanjutkan studi di perguruan tinggi. Terlebih lagi, kompetisi untuk menjadi mahasiswa UNSOED pada tahun ini relatif menaik, yakni hanya menerima sekitar empatribuan dari peminatnya yang hampir limapuluh ribu orang.

Rektor Prof. Edy Yuwono dalam arahannya mengungkapkan, UNSOED memiliki komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tidak hanya pada aspek, ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup saja, melainkan yang terutama juga adalah aspek pengembangan sumberdaya manusia dalam hal ini kesempatan memberikan peluang belajar di universitas. Beliau menambahkan, bahwa proses pembelajaran di universitas selain akademik juga termaktub pula pendidikan nilai, karakter dan kemampuan komunikasi sebagai penunjang kemampuan akademis pada kelak lulus nanti.

Rektor juga menandaskan, bahwa kerap kali bagi mahasiswa baru, mengalami gegar budaya, mengingat model perkuliahan berbeda dengan studi selama di sekolah selama ini di mana bilamana tidak segera melakukan penyesuaian budaya. Oleh karenanya, selain masing-masing individu harus segera melakukan proses penyesuaian diri, UNSOED juga mempersiapkan para mahasiswa baru melalui Program OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKKM (Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa) sebagai upaya mengakselerasi proses adaptasi, utamanya dalam konteks adaptasi nilai-nilai akademis. Dalam kesempatan yang sama, Pembantu Rektor IV, Budi Rustomo, Ph.D.,  menambahkan bahwa mental block yang dialami mahasiswa baru dapat dipercepat penyelesaiannya melalui sejumlah hal, yakni menikmati atau mensyukuri atas apa yang ada, mengintensifkan komunikasi dengan sesama mahasiswa dan dosen, serta berbaur dengan lingkungan agar lebih bisa mudah menciptakan kenyamanan dengan situasi yang baru.  (Wis/SAhli)

Bahasa Indonesia

Kategori: