Skip to main content

Pelatihan Pelayanan Prima di Fakultas Biologi UNSOED, Menuju Layanan Yang Lebih Baik

Bertempat di Gedung Fakultas Biologi UNSOED, Selasa (14/2) digelar pelatihan pelayanan prima. Kegatan yang dilaksanakan di Fakultas Biologi ini diikuti oleh staf administrasi yang dalam kesehariannya memberikan pelayanan kepada stake holder. Acara ini digelar sebagai bentuk komitmen Fakultas untuk terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi stake holder. Hadir sebagai pembicara tunggal Drs. Waidi, MBA, seorang motivator dan Kepala Bagian TU Fakultas Biologi UNSOED.

Acara ini dibuka oleh Pembantu Dekan II, Dra. Dini Ryandini, M.Si. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa pelatihan pelayanan prima ini adalah  tindak lanjut dari pelatihan soft skill tahun sebelumnya. “Pada tahun ini kita akan menyelenggarakan beberapa pelatihan untuk staf administrasi, ini adalah upaya fakultas untuk meningkatkan kualitas individu staf administrasi” kata beliau. Lebih lanjut beliau menyebutkan rentetan pelatihan tersebut adalah pelatihan pelayanan prima, pelatihan arsiparis, pelatihan teknologi informasi, pelatihan pemadam kebakaran, dan lain-lain.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar. Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan. “Di samping ini kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang pelayanan prima, mengetahui metode dan stategi dalam pelayanan prima, menerapkan pelayanan  prima kepada stake holder”, kata Bu Dini Ryandini.

Setalah acara pembukaan, pemberian materi pelatihan ini diawali  Substansi pelayanan publik (UU No 25 tahun 2009).  Setelah rehat pemberian materi dilanjutkan dengan Dasar-dasar Pelayanan Prima, Metode dan Strategi Memberikan Pelayanan Prima. Dalam pelayanan prima terdapat dua elemen yang saling berkaitan, yaitu pelayanan dan kualitas. Kedua elemen tersebut sangat penting untuk diperhatikan oleh tenaga pelayanan. Konsep pelayanan prima dapat diterapkan pada berbagai organisasi, instansi, pemerintah, ataupun perusahaan bisnis.

Pada prinsipnya kualitas pelayanan meliputi dimensi-dimensi sebagai berikut:

1.       Ketepatan waktu pelayanan berkaitan dengan waktu tunggu dan proses.

2.       Kualitas pelayanan berkaitan dengan akurasi atau kepepatan pelayanan.

3.       Kualitas pelayanan berkaitan dengan kesopanan dan keramahan pelaku bisnis.

4.       Kualitas pelayanan berkaitan dengan tanggung jawab dalam penanganan keluhan pelanggan.

5.     Kualitas pelayanan berkaitan dengan sedikit banyaknya petugas yang melayani serta fasilitas pendukung lainnya.

6.   Kualitas pelayanan berkaitan dengan lokasi, ruangan tempat pelayanan, tempat parkir, ketersediaan informasi, dan petunujuk/panduan lainnya.

7.     Kualitas pelayanan berhubungan dengan kondisi lingkungan, kebersihan, ruang tunggu, fasilitas musik, AC, alat komunikasi, dan lain-lain.

Selama tidak kurang 4 jam pelatihan berlangsung dengan serius namun santai. Kegiatan sederhana ini memberi kesan mendalam bagi peserta. Dengan wajah bersemangat peserta keluar dari ruang pelatihan. “Cocok saya mas, rasanya jadi tambah semangat untuk kerja”, ungkap salah satu peserta. “Meskipun sederhana, acara ini memberi pengetahuan baru bagi kami, lebih penting memberikan semangat baru dalam bekerja”, tambahnya lebih lanjut. “Mudah-mudahan makin banyak pelatihan yang kita terima, jadi kita-kita tambah pinter ya kan mas”, imbuh peserta yang lain. Maju Terus Pantang Menyerah. (ES)