Test RSS

RSGMP Gelar Talkshow Kecantikan

[unsoed.ac.id, 27/02/15] Bertempat di Aula Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) UNSOED, Jumat, (27/2) berlangsung acara talkshow yang bertema Tampil Cantik dengan Pola Makan yang Sehat. Acara yang diselenggarakan sebagai salah satu promosi RSGMP ini menghadirkan pembicara yaitu Dr. Rizal Alaydrus, CSN. Dokter lulusan Fakultas Kedokteran UNHAS ini selain bekerja sebagai Sport & Diet Consultant di RS Gading Pluit Jakarta, juga menjadi host untuk acara televisi Bunda dan Buah Hati. Acara ini juga terselenggara berkat kerjasama antara RSGMP dengan brand kosmetik terkemuka Aibu dan Pigeon. Ihsan Idol juga hadir memeriahkan acara ini

Talkshow yang dilaksanakan secara cuma-cuma ini mengundang segenap masyarakat di sekitar RSGMP dan juga civitas akademika UNSOED pada umumnya. Meskipun didominasi oleh peserta perempuan, nampak hadir juga staff dan karyawan RSGM laki-laki di deretan bangku belakang. Talkshow interaktif ini tentu saja banyak membahas tentang masalah kecantikan. Diantaranya yang menjadi bahasan utama adalah masalah kulit dan kaitannya dengan pola makan.

Maju Terus Pantang Menyerah!

UNSOED Tuan Rumah Tax Center Gathering 2015

[unsoed.ac.id, Jum, 27/02/15] Bertempat di gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED, Kamis (27/2) berlangsung Tax Center Gathering. Kegiatan ini diikuti oleh Tax Center dibawah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II yaitu UNSOED, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Setia Budi, Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Magelang,  Universitas Batik Surakarta dan STIE Putra Bangsa.

Hadir Tim dari Kanwil DJP Jateng II yaitu Basuki Rakhmad, M.Si selaku Kepala Bidang Pelayanan, Penyuluhan, dan Humas (P2Humas), Bapak Widi Apidianto selaku Kasi P2Humas dan Bapak Agus Riyanto sebagai Pelaksana P2Humas. Dari Tax Center UNSOED yaitu Drs. Rasyid Mei Mustafa, MM., Ak  dan Icuk Rangga Bawono, SH, SE, M.Si,Ak, MH.

Drs. Rasyid Mei Mustafa, MM., Ak  (Tax Center UNSOED) dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Tax Center Gathering dimaksudkan untuk silaturahmi dan saling sharing antar Tax Center dibawah naungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II.  “kedepan dari Tax Center Gathering ini akan muncul ide, gagasan untuk memback up kegiatan dari sisi akademis khususnya dari program-program yang ada di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II”, harap beliau. Ditambahkan bahwa Tax center merupakan bagian dari kepanjangan tangan melakukan pembelajaran kepada masyarakat tentang pajak.

Hal senada disampaikan oleh Basuki Rakhmad, M.Si selaku Kepala Bidang Pelayanan, Penyuluhan, dan Humas (P2Humas) Kanwil DJP Jateng II, yang mengatakan bahwa Kantor pajak sangat berkepentingan dengan keberadaan Tax Center-Tax Center di Perguruan Tinggi sebagai kepanjangan kita untuk mengedukasi masyarakat tentang pajak.

Dalam kegiatan ini diisi dengan evalusi kegiatan pada 2014 dan pembahasan Agenda untuk program yang akan dijalankan pada 2015. Pada 2015 antara lain agenda yang akan dilakukan yaitu penyampaian informasi dan penyuluhan perpajakan kepada masyarakat, workshop/Seminar Perpajakan, kuliah umum perpajakan, pembekalan materi perpajakan kepada mahasiswa, lomba cerdas cermat tingkat SMA, dan penelitian dibidang Perpajakan.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Angkat Sumpah Organizer SEF

[unsoed.ac.id, Rab, 25/02/15] Student English Forum (SEF) UNSOED menggelar Angkat Sumpah Pengurus Periode 2015-2016.  Bertempat di Ruang Rapat Rektorat Lantai 1, Senin, 23 Februari 2015 sebanyak 45 mahasiswa berasal dari berbagai fakultas di Universitas Jenderal Soedirman diangkat sumpahnya oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dra. Krisnhoe Maya Wulandari, MM. 

SEF diharapkan dapat menjadi organisasi yang mapan dan mampu memberikan prestasi yang tentunya membawa nama baik universitas melalui kegiatan yang diselenggarakan maupun diikuti.  Hal ini sebagaimana disampaikan Dra. Krisnhoe Maya Wulandari, MM dalam sambutannya.  “Tingkatkan terus prestasi dan jalin komunikasi yang baik antar pengurus dan anggota agar SEF semakin maju,” ungkapnya.

Mengusung tema besar organisasi "menjawab tantangan global melalui penggunaan Bahasa Inggris yang aplikatif", dibawah kepemimpinan Baharudin Harya (FEB 2012) dan Kurniawan Yudhianto (FISIP 2012), SEF akan berfokus pada pengembangan keterampilan pengurus SEF pada khususnya, dan mahasiswa UNSOED

Tahun ini, SEF mengadakan dua rangkaian acara program besar, yaitu Inter Faculty Debating Championship (lomba debat antar fakultas), Jenderal Soedirman Debating Championship (lomba debat tingkat sekolah menengah atas nasional), dan Cultural Day Festival (festival budaya untuk masyarakat Jawa Tengah).  Maju Terus Pantang Menyerah !

 

Pelatihan Dosen Pembimbing PKM 2015

[unsoed.ac.id, Rab, 25/02/15] Dalam rangka penngkatan kreatifitas mahasiswa, Unsoed laksanakan Pelatihan Dosen pembimbing  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2015, Selasa (24/2). Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber Dr. Kukuh Nirmala, M.Sc (Dosen Institut Pertanian Bogor) dan Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNSOED), serta dalam dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan dan para Dosen dilingkungan Unsoed.

Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni membacakan sambutan dan pembukaan Rektor yang dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam indikator keberhasilan perguruan tinggi adalah dapat melahirkan anak didik yang bisa mengembangkan potensi dirinya yang tidak hanya dibekali kemampuan akademis namun bisa mendorong kreatifitas yang dapat menciptakan gagasan, inovasi, pemikiran dan memperkaya sudut pandang dalam perkembangan jaman.

Pembicara pertama Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si menyampaikan bahwa kebijakan pengembangan bidang penalaran dan keilmuan yang memiliki tujuan dalam menanamkan sikap ilmiah, meningkatan kemampuan meneliti, pemahaman profesi serta kerjasana tim, menulis karya ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi selanjutnya untuk faktor penting dalam peningkatan penalaran dan keilmuan meliputi penguatan dukungan dari segi pendanaan baik dosen dan mahasiswa, sinergi antara akademik dan kemahasiswaan, pengembangan karya ilmiah dan mendorong pembiasaan publikasi ilmiah. Kemudian pembicara selanjutnya Dr. Kukuh Nirmala, M.Sc menyampaikan kiat sukses pembimbingan menuju PIMNAS 2015 yang meliputi pelaksanaan laporan kemajuan, monev, laporan akhir dan PIMNAS dengan aktor utama Tim Mahasiswa, Dosen Pembimbing serta perguruan tinggi kemudian untuk pemanfaatan Kegiatan PKM ini diperlukan kreatifitas, kemampuan kerja tim, kemampuan Komunikasi, Kepemimpan, pengontrolan emosional dan kepercayaan diri.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Kemitraan RSGMP dan AIMI Dalam Talkshow Trik Pemberian MP-Asi dan Perawatan Gigi Anak

[unsoed.ac.id, Rab, 25/02/15] Bertempat di Auditorium lt.4 Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNSOED, Sabtu (14/2) Pukul 09.00 WIB berlangsung acara talk-show, bazaar, sharing, breastfeed conseling. Pesertanya dari wilayah BARLINGMASCAKEB (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dihadiri oleh sekitar 80 orang-tua dan putra-putrinya/bayinya. Hadir juga tamu undangan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Conseling childrens’s dental check-up oleh drg. Ali Taqwin (Dosen Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unsoed).

AIMI adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang edukasi dan sosialisasi tentang ASI dan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), dikategorikan dengan 4 bintang (Sumber energi = Karbohidrat, Sumber Vitamin A & C = buah & sayur, Sumber Zat Besi = protein hewani, protein nabati = kacang-kacangan, Lemak = minyak santan, margarine).

AIMI bekerjasama dengan RSGMP UNSOED, yang bertujuan untuk menaikkan angka menyusui cakupan ASI Ekslusif dan memberi kesadaran masyarakat bahwasanya ASI lebih baik daripada susu formula.

Maju Terus Pantang Menyerah !!! (L135).

 

Pesta Rakyat Farmasi 2015 Siap Digelar

[unsoed.ac.id, Sen,23/02/15] Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan UNSOED terus melangkah maju.  Setelah persiapan pembukaan program studi pendidikan profesi apoteker dan kenaikan peringkat akreditasi beberapa waktu lalu, kali ini Farmasi UNSOED bersiap menggelar Pesta Rakyat Farmasi 2015 pada Tanggal 1 Maret 2015 nanti.  Disampaikan oleh Kajur Farmasi Dhadhang Wahyu Kurniawan, M.Si.,Apt bahwa kegiatan Pesta rakyat farmasi ini dilakukan salah satunya dalam rangka 10 Tahun Farmasi UNSOED.  “Acara ini akan melibatkan seluruh sivitas akademika farmasi unsoed yg meliputi mahasiswa, dosen, & karyawan serta alumni. Agenda acara ini meliputi bakti sosial (pengobatan gratis & donor darah), kongres pertama alumni farmasi unsoed, & syukuran bersama kenaikan peringkat akreditasi,” jelasnya.

Kegiatan Pesta Rakyat farmasi ini akan dilaksanakan di Komplek Gedung Farmasi UNSOED.  “Di halaman farmasi unsoed pd tanggal tersebut akan dipenuhi berbagai atribut kefarmasian dr berbagai perusahaan/instansi farmasi di mana alumni farmasi unsoed sekarang bekerja,” ungkap Dhadhang.  Hal ini sekaligus sebagai bukti bahwa di usianya yang ke-10 th, Alumni Farmasi UNSOED telah bekerja dan berkarya di berbagai bidang.

Kajur Farmasi berharap acara ini menjadi tonggak awal pelibatan secara konkret alumni farmasi unsoed dlm pengembangan farmasi unsoed ke depan. “Ke depan farmasi unsoed ingin terus berkembang bermetamorfosis menjadi yg lebih baik seperti layaknya kampus-kampus farmasi besar di Indonesia dan dunia yg terus melibatkan alumninya dalam pengembangan institusinya,” ungkapnya. Maju Terus Pantang Menyerah !

Mahasiswa HI FISIP Ikuti Global Youth Ambassador 2015 di Philipina

[unsoed.ac.id, Sen, 23/02/15] Mahasiswa HI FISIP kembali mengikuti Global Youth Ambassador 2015 dari AIESEC. Kali ini Teguh Haryadi Jumena berkesempatan menjadi duta di Quezon City, Filipina. Dia bersama mahasiswa berbagai negara Brazil, Estonia, Chili, Australia, Korea Selatan, dan India menjadi duta untuk mengajarkan bahasa inggris serta mengenalkan budaya negara masing-masing. Sedangkan Teguh akan memperkenalkan budaya  Indonesia dengan nuansa Jawa.

Mahasiswa dengan NIM F1I012045 sangat senang berada di Pilipina. Kedatangan pada pertengahan januari lalu disambut oleh exchange participant dari berbagai negara. Kami bersama-sama melakukan orientasi seputar kampus Ateneo de Manila University dan sekitar Quezon City, hal ini dilakukan untuk memperkenalkan lingkungan baru kepada para peserta. Teguh juga memaparkan bahwa mereka diberikan orientasi seputar beberapa tempat atau lokasi projek/kegiatan, sehingga kami dapat merealisasikan kegiatan tersebut dengan baik dan sesuai jalan dan jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan dimulai pada akhir Januari 2015, dengan mengajar anak-anak di panti asuhan yang bernama House of Refuge (HoR), ICLIP, dan Young Focus, dengan memiliki latar belakang kelas sosial yang berbeda, dan perjalanan hidup yang berbeda, dimana beberapa dari mereka merupakan anak-anak yang tadinya tinggal di jalanan, dan beberapa dari mereka ditelantarkan oleh orang tuanya, dipandang sebagai sesosok yang masih layak untuk mendapatkan pendidikan. Teguh meyakinkan bahwa telah mengajarkan dan mengenalkan beberapa budaya Indonesia, agar mereka mendapat gambaran tentang Indonesia. Partisipasi mahasiswa dari berbagai negara di Quezon City ini di fasilitasi oleh AdMU (Ateneo de Manila University). Setiap exchange participant saling berbagi ilmu, pengalaman serta budaya hingga semua merasa kerasan walau hidup dinegeri tetangga.

Maju Terus Pantang Menyerah !

Selamat Jalan Pak Ipung...

[unsoed.ac.id, Sen, 23/02/15] Sosok ramah dan pekerja keras itu pergi meninggalkan kolega dan institusi yang dicintainya.  Dr, H. Syaifur Rochman, M.Ed. TESOL telah dipanggil Allah SWT, Minggu, 22 Februari kemarin sekitar Pukul 11:50 WIB karena sakit yang diderita.  Pak Ipung -- begitu biasa beliau diakrabi -- dikenal sebagai sosok yang bersahabat,  dekat dengan mahasiswanya dan mencintai profesinya sebagai seorang pendidik. Ayah dari lima anak ini terakhir menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Budaya. Sebelumnya, Pak Ipung, menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Budaya Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UNSOED dan Asisten Ketua Program Sarjana Bahasa dan Sastra.  Sepanjang mengabdi sebagai Dosen PNS di UNSOED sejak 1990, Pak Ipung dikenal tidak hanya mengajar di fakultasnya, tapi juga hampir di seluruh fakultas yang ada di UNSOED. Selain cakap dalam pekerjaan, pembawaannya yang ramah dan supel juga membuat semua orang memiliki hubungan baik dengannya.  Tak heran jika tidak hanya keluarganya yang sangat merasa kehilangan, namun juga koleganya, para mahasiswanya, dan hampir setiap orang yang pernah bekerja sama dengannya. 

Selamat  jalan Pak Ipung, terima kasih untuk pengabdian dan keikhlasanmu berbagi ilmu pengetahuan di almamater ini. Kiranya semoga segala amal ibadahnya diterima, diampuni segala dosanya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.  

Fisika Unsoed dan Osaka University Jalin Kemitraan

[unsoed.ac.id, 23/02/15] Unsoed dipercaya menjadi salah satu dari empat Perguruan Tinggi Indonesia yang mendapat undangan dari Osaka University selain ITB, UI, dan UGM dalam Symposium ASEAN-Japan Collaboration in Human Resource Development : Creating A Sustainable Research and Education Exchange Network, Third ASEAN Career Fair With Japan in Singapore, 13 Februari 2015 lalu.  Dalam kegiatan yang dilakukan di Singapura ini, Rektor Unsoed Dr Ir Achmad Iqbal hadir bersama Dekan MIPA Ir Sunardi MT, Kepala UPT Layanan Internasional Suprayogi Ph D dan Dosen Jurusan Fisika, Fakultas MIPA Wahyu Tri Cahyanto Ph D.  Dalam kegiatan ini Osaka University mempertemukan perguruan tinggi mitranya termasuk Unsoed dengan pihak industri internasional yang menjadi partnernya. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Layanan Internasional Suprayogi Ph D.  “Kami membahas tentang model kerjasama antara industri dan perguruan tinggi dalam hal riset serta model pendidikan yang dibutuhkan industri internasional,” ungkapnya.

Kolaborasi antara Unsoed dan Osaka University sendiri telah berlangsung baik.  “Mahasiswa Unsoed ada yang PKL/Magang di Perusahaan di Jepang dan untuk tahun ini akan ditambah bukan hanya magang, tapi juga melanjutkan studi dan langsung bekerja di sana,” jelasnya.  Kerjasama yang terjalin baik ini menurut Suprayogi diawali oleh Dr Eng Wahyu Tri Cahyadi, Dosen Unsoed sekaligus lulusan Osaka University.  “Pak Wahyu merupakan mahasiswa berprestasi di Osaka University, bahkan sampai saat ini dipercaya menjadi salah satu dosen tamu di sana,” ungkapnya.  Karena prestasinya inilah, para mahasiswa Unsoed yang di bimbing Dr Wahyu mendapat kesempatan besar untuk PKL/Magang di Jepang.  “Bahkan untuk tahun ini bukan hanya magang tapi juga melanjutkan pendidikan dan bekerja,” jelasnya.

Perguruan Tinggi Indonesia termasuk Unsoed mendapat informasi dari dunia Industri bahwa dunia kerja saat ini tidak sekedar membutuhkan IP yang bagus.  “Untuk perusahaan-perusahaan besar terutama Jepang, mereka berharap para lulusan yang memiliki etos kerja dan disiplin kerja yang tinggi,” lanjutnya.  Mereka berharap para lulusan Perguruan tinggi yang bermitra dengan Osaka University memiliki kualifikasi seperti yang mereka inginkan.  “Kesempatan PKL/magang yang mereka buka juga merupakan salah satu cara agar lulusan perguruan tinggi yang menjadi mitranya memiliki kualifikasi yang tinggi dan siap bersaing bukan hanya lokal tapi juga internasional,” jelasnya.

Unsoed dengan demikian terus menambah dan memperluas jaringan internasional yang dimiliki.  Langkah Unsoed untuk menuju wolrd class civic universitypun bukan sekedar mimpi, namun merupakan langkah nyata yang dilakukan tahap demi tahap. Maju Terus Pantang Menyerah !

 

Prodi Teknik Industri UNSOED Telah Dibuka

[unsoed.ac.id, Jum, 20/02/15] Setelah resmi disahkan sesuai peraturan yang berlaku dan menerima masukan dari masyarakat dan para pihak terkait, Tahun ini Program Studi Teknik Industri UNSOED secara resmi membuka pendafataran mahasiswa baru.  Kuota yang tersedia melalui jalur SNMPTN 2015 adalah sejumlah 20 mahasiswa.  Secara umum program studi Teknik Industri akan menyelenggarakan pendidikan sarjana kerekayasaan yang memiliki kemampuan merancang, meningkatkan dan merakit sistem terintegrasi dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi dengan konsep pendekatan sistem (system approach). “Tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek teknis sesuai dengan atribut ilmu keteknikan (engineering) dan juga aspek-aspek non teknis yaitu kondisi sosio ekonomis,” ungkap Ketua Jurusan Teknik Industri Sugeng Waluyo, ST.,M.Sc.

Kehadiran program studi Teknik Industri semakin melengkapi program studi di Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman.  Lulusan Teknik Industri merupakan salah satu kualifikasi yang banyak dibutuhkan dunia kerja.  “Diantara lapangan pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknik Industri adalah di bidang Production Planning Inventory Control (PPIC), Quality Control, Human Resource, Safety & Health, Business Analyst, Account Officer, Pendidik, Peneliti, Praktisi, dan banyak lainnya,” ungkap Sugeng. 

Sebagai Program Studi baru, Teknik Industri menjadi kesempatan yang bagus untuk peserta SNMPTN karena menyediakan 20 kursi melalui jalur ini.  “Tentu dengan memperhatikan kesesuaian minat dan prestasi nilai pendaftar,” ungkapnya.  Diungkapkan lebih lanjut oleh Sugeng bahwa materi pembelajaran utama yang akan dipelajari dalam Program Studi Teknik Industri adalah Kalkulus, Fisika, Kimia, Praktikum Kimia Fisika, Menggambar Teknik, Pengantar Teknik Industri, Pengantar Ilmu Ekonomi, Material Teknik, Mekanika Teknik, Pemrograman Komputer, Praktikum Pemrograman Komputer, Sistem Keselamatan Kerja, Statistika, Praktikum Statistika, Penelitian Operasional, Matematika Optimasi, Analisis Biaya, Sistem Lingkungan Industri, Elektronika Industri, Proses Manufaktur, Praktikum Proses Manufaktur, Psikologi Industri, Manajemen Organisasi dan SDM, Mekatronika, Ergonomi, Perancangan Sistem Kerja, Praktikum Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja, Ekonomi Teknik, Pemodelan Sistem, Pengantar Manajemen Bisnis, Metode Stokastik, Sistem Informasi, Simulasi Komputer & Praktikum, Manajemen Energi Industri, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Penjaminan dan Pengendalian Mutu, Sistem Manufaktur, Analisis dan Perencangan Perusahaan, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perancangan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Praktikum Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.  Maju Terus Pantang Menyerah !

 

Halaman

Subscribe to Test RSS

Buletin

Jangan mau ketinggalan berita yang menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan kami.

Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto 53122.

EMAIL DAN SOSIAL MEDIA