Skip to main content

Internasionalisasi Program S2 Biologi UNSOED

[unsoed.ac.id, Jum,17/8/12]Usaha untuk mewujudkan internasionalisasi terus digalakkan oleh S2 Biologi UNSOED. Kali ini dengan dua Universitas di Thailand yaitu Mahasarakham University (MSU) dan Burapha University (BUU). Tim dari UNSOED terdiri dari Pembantu Rektor IV Ir. Budi Rustomo, M.Rur.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Agus Suroso, MS (Asisten Direktur II Pascasarjana) dan pengelola program studi Administrasi Publik serta Biologi, yakni Ali Rokhman, Ph.D. dan Romanus Edy Prabowo, Ph.D. Kunjungan dalam rangka kerjasama berlangsung selama empat hari (6-9 Agustus 2012) di Maha Sarakham dan Bangkok Thailand.

Menurut Romanus Edy Prabowo, Ph.D. selaku koordinator akademik menjelaskan bahwa kerjasama dengan pihak universitas diluar negeri sudah dimulai sejak tahun 2009 antara lain dengan Chiba University (CU), Jepang berupa kerjasama research dan pertukaran staf, dengan Georg-August University of Goettingen (GAUG) Jerman dan Pukyong National University (PKNU) Korea yaitu kerjasama pertukaran staf dan mahasiswa. Dua mahasiswa S2 Ilmu Biologi melaksanakan penelitian di PKNU selamat satu tahun (2011) dan satu mahasiswa ke GAUG (2012).

Kerjasama yang baru terjalin dengan 2 universitas di Thailand yaitu dengan Mahasarakham University dan Burapha University didasari juga kesamaan dari sisi kurikulum. Dengan Mahasarakam University berkaitan dengan program Joint Degree dan Burapha University kerjasama dalam program Double Degree. Melalui program kerjasama ini mahasiswa akan studi satu tahun di S2 Biologi UNSOED dan satu tahun di Universitas target. Mahasiswa yang akan mengikuti program kerjasama ini adalah mahasiswa angkatan 2012, melalui beasiswa unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Setjen Kemendikbud.

Beliau menambahkan bahwa Magister Biologi UNSOED memiliki keunggulan pada bidang biologi konservasi, biologi reproduksi hewan tropis, dan mikrobiologi yang memiliki peminat cukup tinggi dan fokus pada studi keragaman hayati indigenous tropis.

 UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah!(Fy)