Test RSS

Balegenggong Nusantara Pesta Budaya Kolaborasi Himakom FISIP dan Karang Taruna Grendeng

(unsoed.ac.id Sel 21/10/14) Fantastis! Kata itu menggambarkan bagaimana hagemoni penonton pada acara Kue Lapis yang digarap oleh Himakom Unsoed dan bekerja sama dengan Karang Taruna Gema Purwantara 2 Grendeng. Bertempat di Lapangan Grendeng, beragam acara yang ditampilkan mampu menarik minat ribuan penonton dari warga Grendeng dan sekitarnya. Seakan tidak mau kalah, mahasiswa juga ikut bertumpah ruah meramaikan acara tesebut. Indonesia merupakan salah satu negeri yang terdiri dari beragam suku, agama, dan pulau serta kaya akan kebudayaan yang unik, menarik, dan harus dikembangkan serta dilestarikan. Dari latar belakang tersebut, Himakom Unsoed kembali mengadakan program tahunan yang bertema budaya nusantara yaitu Kue Lapis, Balegenggong Nusantara. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada sabtu (18/10) kemarin, yang dibuka oleh Dekan FISIP Unsoed, Ali Rokhman, Ph.D. dan dihadiri oleh Lurah Grendeng beserta jajarannya dan Pembina Himakom Unsoed beserta beberapa dosen ilmu komunikasi lainnya.

 

Kue Lapis tahun ini berlangsung meriah dan sukses dengan dibuka oleh karnaval dari siswa siswi SD di Grendeng dan Remoef. Event yang mengemban banyak misi dengan salah satunya memperkenalkan budaya nusantara. Kue Lapis ini secara umum bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat sekitar kampus, khususnya masyarakat Grendeng. Himakom Unsoed membuat kegiatan ini kembali bukan sebagai acara hiburan semata, melainkan juga sebagai kegiatan yang mengapresiasi kebudayaan nusantara khususnya kebudayaan Banyumas. Kesenian Kenthongan, Lengger Lanang yang tergabung dalam rangkaian parade tari nusantara yang juga mengundang teman-teman dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesahatan  serta Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran UNSOED.
Event Kue Lapis juga sebagai wadah para mahasiswa ilmu komunikasi mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan. Juga sarana bagi Keluarga Besar Mahasiswa FISIP (KBMF) serta warga Grendeng untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni, sehingga dapat ikut berpartisipasi di panggung Kue Lapis. Tidak hanya mereka, Kue Lapis juga mengundang Pedagang Kaki Lima untuk ikut dalam meramaikan stand makanan di acara Kue Lapis juga sebagai ajang pameran jajanan Indonesia, karena budaya tak hanya sekedar kesenian tapi kuliner. Program himpunan ini mendapat apresiasi dari Dekan FISIP karena merupakan bentuk dari realisasi visi misi fakultas dan UNSOED, yaitu membangun kearifan lokal. Penampilan akustik dari Band Lokal Setiyardji dan kembang api menutup malam puncak Kue Lapis. Acara ini tentu memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa dan juga masyarakat Grendeng. Semoga acara Kue Lapis dapat terus diadakan di tahun depan dan semakin lebih baik serta terus memberikan manfaat ke depannya. (Rizka) (Editor: Adlia dan Fikry)
FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !
 

Doktor Baru Fakultas Peternakan UNSOED

[unsoed.ac.id, Sel,21/10/14] Fakultas Peternakan UNSOED menambah Dosen berkualifikasi S3.  Dr. Ir. Hj. Lucie Setiana, M.P. telah mempertahankan desertasinya pada sidang terbuka beberapa waktu lalu. Disertasinya mengenai Penyuluhan intensifikasi ayam kampung yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan peternak sangat menentukan keberhasilan adopsi inovasi mengantarkannya meraih gelar S3. Kabupaten Banyumas sebagai wilayah yang memiliki jumlah peternak ayam kampung cukup banyak penting untuk dilakukan efektivitas adopsi teknologinya.  Bu Lucie tertarik dengan masalah ini dan menjadikan "Efektivitas adopsi inovasi teknologi intensifikasi ayam kampung dalam upaya pengembangan ternak ayam kampung di Kabupaten Banyumas" menjadi objek penelitian disertasi S3-nya.  “Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan temuan cara efektif dalam penyuluhan intensifikasi guna meningkatkan perilaku dan keberhasilan adopsi inovasi teknologi intensifikasi pada peternak,” ungkapnya.

Lucie melakukan penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap I dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus analisis yang digunakan diskriptif kualitatif, analisis domain, taksonomi, dan komponensial. “Di tahap II saya menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan Analisis Structural Equation Modelling ( SEM ), dengan AMOS16.o0, sedangkan di tahap III menggunakan pre-experimental design dengan uji coba penyuluhan intensifikasi,” jelasnya.  Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa kemampuan peternak mengadopsi teknologi intensifikasi tertinggi pada semi-intensif.  “Persentasenya 52,17 %,” ungkapnya.

Dosen Fakultas Peternakan ini mengkaji keberhasilan adopsi inovasi teknologi intensifikasi berdasarkan sistem atau pola pemeliharaan, mengidentifikasi karakteristik inovasi teknologi intensifikasi, dan mengidentifikasi perilaku dan keberhasilan peternak dalam mengadopsi inovasi teknologi intensifikasi ayam kampung.  “Setelah itu dilanjutkan dengan menganalisis hubungan karakteristik penyuluh dengan perilaku dan keberhasilan adopsi inovasi teknologi intensifikasi, menganalisis hubungan perilaku adopsi peternak dengan keberhasilan adopsi inovasi teknologi intensifikasi dan mensintesis model penyuluhan intensifikasi yang efektif,” jelasnya.

Pada penelitian ini ditemukan pula bahwa selain peternak dan penyuluh karakteristik inovasi teknologi intensifikasi berperan membentuk perilaku dan keberhasilan adopsi peternak.  “Model penyuluhan intensifikasi ayam kampung yang efektif untuk merubah perilaku adopsi adalah model penyuluhan yang berbasis pada karakteristik manfaat dan perilaku adopsi peternak dengan membedakan peternak intensif, semi-intensif, dan tradisional,”.  Dengan adanya hasil riset ini, Lucie berharap semua stakeholders di bidang peternakan ayam kampung dapat mengetahui dan dapat melaksanakannya.

Maju Terus Pantang Menyerah !

 

 

Fakultas Hukum Juara Umum Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY

(unsoed.ac.id Sel,21/10/14) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman tidak henti-hentinya berprestasi, kali ini Fakultas Hukum meraih Juara Umum dalam Kegiatan Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY dengan menyabet 4 medali emas dari cabang Tenis Lapangan, Tenis Meja, Futsal, dan Catur serta 2 Perak dari Bulutangkis dan Futsal di cabang Futsal Fakultas Hukum mengirim 2 Tim. Cabang olahraga yang dipertandingkan berjumlah Enam cabang, yaitu: Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Catur, Futsal, Volley, dan Tenis Meja. Untuk tempat pertandingan Futsal, Tenis Lapangan, dan Catur bertempat di lapangan Indor Permata Hijau, Bulutangkis bertempat di Gor Bulutangkis Unsoed, Bola Volly bertempat di Lapangan Volley Fakultas Ekonomi Unsoed sedangan untuk Lomba Tenis Meja bertempat di Aula Gedung Justitia 3 Fakultas Hukum Unsoed. Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman berkesempatan menjadi tuan rumah yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada 18 - 19 Oktober 2014.

Forum komunikasi Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya silaturahmi dan berolah raga; Membudayakan semangat sportivitas dalam kompetisi; Menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan antara dosen dan karyawan Fakultas Hukum PTN Se-Jawa Tengah dan DIY, serta mendukung program pemerintah dalam memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat.

Kesehatan merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Melalui olah raga dan seni, kebutuhan masyarakat tersebut telah berkembang menjadi fenomena sosial di seluruh dunia. Olah raga dan seni dapat dimanfaatkan untuk multi tujuan. Satu di antaranya adalah sebagai media pembinaan pengembangan sumber daya manusia. 

Maju Terus Pantang Menyerah!

LP3M Gelar Pendampingan Unggah Konten Mata Kuliah

[unsoed.ac.id, Sel, 21/10/14] Bertempat di Gedung Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNSOED, berlangsung Pendampingan Unggah Konten Mata Kuliah Ke Website E-Learning UNSOED. Kegiatan yang diikuti oleh 184 tenaga pendidik UNSOED terbagi dalam 4 Angkatan. Untuk Angkatan I berlangsung pada 21-23 Oktober 2014, Angkatan II pada 22-24 Oktober 2014, Angkatan III pada 27-29 Oktober 2014 dan Angkatan IV pada 28-30 Oktober 2014.

Kegiatan dibuka oleh Ketua LP3M Dr. rer. nat. Imam Widhiono MZ., M.S. Sebagai narasumber Dr. Ir. Wilujeng Trisasiwi, MP, Romanus Edy P, S.Si., M.Sc. Ph.D., Eko Murdyantoro AM, ST, MT., Akhmad Rizqul Karim, SP., M.Sc., Aziz Wisnu Widhi Nugraha, S.T., M.Eng., Ardiansyah S.TP, M.Si, Ph.D.,  Aribawa JIS, SE dan Ari Fadli ST. MT.

Materi yang diberikan antara lain perencanaan&setting kelas online, pengisian konten kelas online, mengelola konten multimedia, mengelola assesment online, mengelola aktivitas online&grouping, Trik pembuatan konten multimedia. Selian itu juga materi tentang moodle versi offline, backup&restore dan praktek mengisi/mengembangkan konten mata kuliah online dan unggah.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Kebersamaan Civitas Akademika dalam Jalan Sehat Dies Natalis FISIP

Sabtu 18 Oktober 2014, Kampus FISIP Grendeng sangat ramai. Dosen, Karyawan dan Mahasiswa berbaur mengikuti Jalan Sehat Dies Natalis FISIP UNSOED ke 29. Bahkan petugas cleaning service serta pegawai kantin Fisip turut memeriahkan ulang tahun institusi ini. Hadiah yang tersedia antara lain 3 lemari pendingin, 3 sepeda, 2 televisi LED, DVD player dan seabreg hadiah lain yang menarik. Tidak kurang 200 orang berbaur, bergembira mengikuti jalan sehat di seputar kampus Unsoed.

Dekan Fisip Dr. Ali Rokhman menyampaikan rasa bangga atas sumbangsih warga Fisip. Selama perjalanan 29 tahun, Fisip memang mengalami dinamisasi, perkembangan semakin maju. FISIP UNSOED telah menunjukkan kiprah intelektual ditingkat lokal hingga internasional. Pengembangan SDM FISIP menghasilkan prestasi tertinggi di tingkat universitas diantaranya Dr. Tyas Retno Wulan sebagai Dosen Berprestasi I, Dr. Sofa Marwah sebagai Kaprodi Berprestasi,  Andi Mustofa, A.Md. Kom sebagai Pegawai Teladan I. Bahkan dilengkapi dengan prestasi mahasiswa HI, Prayuda Utama sebagai Kakang Banyumas 2014, tim Voli Putra dan Putri menjuarai UNSOED CUP.  Prestasi ini harus membuat kita senantiasa bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, tutur Pak Ali. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan. Dosen senior, Swastha Dharma, M.Si mendapatkan kehormatan mendapatkan ‘racikan potong tumpeng’ dari Dekan Fisip.

Peserta jalan sehat tampak menikmati hiburan yang disajikan. Tarian, nyanyian hingga joged bareng dilakukan oleh peserta sebagai selingan saat pembagian hadiah. Hadiah utama 3 lemari pendingin diperoleh Dosen, pegawai dan karyawan kantin FISIP. Acara semakin meriah tatkala pembawa acara memberitahukan bahwa kegiatan ini bertepatan dengan hari ulang tahun Dekan dan Wakil Dekan II. Lagu happy birthday dan selamat ulangtahun dikumandangkan untuk menghormati Pak Ali Rokhman dan Pak Waluyo Handoko.

FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !

 

Fakultas Hukum Sukses Menjadi Tuan Rumah Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY

Penyelenggaraan Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY di Fakultas Hukum Unsoed, 18 – 19 Oktober 2014 banyak menuai pujian. Sejumlah peserta menilai, perhelatan Turnamen Olahraga berjalan sukses dan lancar. Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Angkasa, S.H.,M.Hum di Aula Gedung Justitia III dan dimeriahkan oleh Grup Kentongan Lekarsari Grendeng. Peserta yang ikut berpartisipasi berasal dari Fakultas Hukum PTN Se-Jawa Tengah dan DIY dimana yang berpartisipasi berjumlah lima Universitas yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Sebelas Maret. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan berjumlah enam cabang, yaitu: Futsal, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Catur, Bola Voli Dan Tenis Meja.

Pembantu Dekan 3 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro menilai, penyelenggaraan turnamen ini terbaik yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada Saat Penutupan acara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang mengungkapkan bahwa Pada penyelenggaraan ini, peserta sangat puas dengan pelayanan panitia selama turnamen berlangsung. Sementara itu Wakil Dekan 3 Universitas Gadjah Mada mengungkapkan bahwa Panitia penyelenggaraan turnamen olahraga persahabatan antar fakultas hukum juga menyediakan wasit yang profesional dan kompeten yang pada kejuaraan serupa sebelumnya tidak tersedia. Begitu pun Pembantu Dekan 3 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret merasa puas atas pelayanan panitia Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY. Pada tahun 2015 Universitas Sebelas Maret terpilih menjadi tuan rumah Turnamen Olahraga Antar Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Se-Jateng dan DIY.

Maju Terus Pantang Menyerah!

 

UNSOED Gelar Sosialisasi BPJS Kesehatan dan Pemeriksaan IVA

[unsoed.ac.id, Sen, 20/10/14] UNSOED bersama dengan BPJS Kesehatan Cabang Utama Purwokerto dan Rumah sakit Wijaya Kusuma Purwokerto, Senin (20/10) mengadakan sosialisasi BPJS Kesehatan dan pemerikasaan IVA (Inspeksi  Visual  Asetik). Dalam acara ini hadir narasumber Willys Espaherly dan Esti Wardhani  staf dari BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto serta dr. Puji Tri Harsono, SpOG selaku Kepala Bagian Kebidanan dan Penyakit Kandungan Rumah Sakit Wijaya Kusuma (DKT). Hadir Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan serta seluruh anggota DWP UNSOED.

Drs. Nurul Anwar, M.S, Ph.D selaku wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan yang dalam pembukaanya menyampaikan bahwa sosialisasi BPJS kesehatan ini merupakan program Asuransi Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan agar setiap peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan. Sosialisasi kanker serviks yang merupakan kanker yang menyerang perempuan di usia produktif oleh karena itu diperlukan pemahaman yang benar serta bagaimana mendeteksi dini dan penanggulangannya. “Setelah sosialisasi ini para anggota Dharma Wanita Persatuan UNSOED dapat mengikuti pemeriksaan IVA di Ruang Kabag Humas”, ungkap beliau.

Narasumber pertama Willys Espaherly menyampaikan program BPJS Kesehatan ini memiliki manfaat yang meliputi pelayanan kesehatan perseorangan mencakup promotif, presentatif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan indikasi medis yang diperlukan dan narasumber selanjutnya Esti Wardhani menyampaikan skrining riwayat kesehatan dan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode Inpeksi Visual Asetat (IVA) dan Papsmear oleh Laboratorium  dan RS yang dituju.

Sedangkan narasumber yang terakhir dr. Puji Tri Harsono, SpOG memaparkan mengenai Kanker Leher Rahim yang menyerang pada perempuan di usia 35-55 tahun yang disebabkan oleh trauma persalinan, kerusakan sel, infeksi dan kehigienisan/kebersihan yang memiliki tanda-tanda/gejala keputihan, perdarahan, rapuh mudah berdarah, rasa nyeri dan gangguan BAB sedangkan untuk penyembuhan dilakuan pembedahan/operasi, radio terapi, kemoterapi. dr. Puji Tri Harsono mengungkapkan kanker leher rahim dapat dicegah dengan hindari nikah muda, tidak terlalu banyak anak, merawat kebersihan, konsumsi makan bergizi dan melakukan pemeriksaan papsmear berkala.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Visitasi BAN-PT di Farmasi UNSOED

[unsoed.ac.id, Sen, 20/10/14] Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Ilmu-Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jenderal Soedirman, selama dua hari (20-21/10) mendapat kunjungan dari Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim Asesor terdiri dari Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA, Apt dan Dr. Maria Immaculata Iwo, Apt. Kedatangan tim Asesor tersebut adalah dalam rangka asesmen lapangan dan pengecekan data  yang telah dilaporkan oleh Jurusan/Program Studi S1 Farmasi FKIK UNSOED kepada BAN-PT dalam pengajuan Akreditasi.

Tim Asesor diterima oleh Rektor UNSOED Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si. didampingi oleh Wakil Rektor II dan III, Dekan FKIK beserta Wakil Dekan I, II dan III, Ketua Jurusan Farmasi. Kegiatan dilanjutkan pertemuan dengan jajaran struktural FKIK dan Jurusan Farmasi. Dekan FKIK, Dr. Warsinah, M.Si, Apt berharap dengan kehadiran Tim Asesor akan mendapat masukan sehingga kedepan dapat mengelola Jurusan Farmasi dengan lebih baik.

Pada hari pertama, diawali dengan presentasi oleh Wakil Dekan I, dr. Wahyu Siswandari, SP. PK mengenai visi, misi, tujuan, sasaran, strategi pencapaian, sistem pengelolaan, sistem penjaminan mutu, mahasiswa & kelulusan,  sampai dengan kerjasama yang telah dilaksanakan oleh jurusan farmasi. Dilanjutkan dengan visitasi lapangan ketempat sarana dan prasarana, kemudian wawancara dengan dosen, pegawai, mahasiswa, alumni dan pengguna alumni.  Sedangkan pada hari keduaakan dilaksanakan kembali visitasi lapangan ketempat sarana dan prasarana dan pembahasan terakhir.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Jurusan Perikanan dan Kelautan Gelar Kuliah Umum Status Penelitian Karang di Indonesia

[unsoed.ac.id, Sen, 20/10/14] Sedikitnya penelitian mengenai penyakit karang di Indonesia yang notabene merupakan negara dengan ekosistem terumbu karang terbesar di dunia menjadikan para peneliti dalam negeri tergerak untuk mengajak mahasiswa Ilmu Kelautan dalam meneliti lebih lanjut tentang status penyakit karang di Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu topik diskusi dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan Program Studi Ilmu Kelautan pada Selasa, (30/9) bertempat di Ruang Actinia Gedung B Jurusan Perikanan dan Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman. Acara ini dihadiri oleh 60 orang mahasiswa Ilmu Kelautan dengan narasumber Dr. Ofri Johan, S.Pi, M.Si selaku Peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Acara  dibuka oleh Tri Nur Cahyo S.T, M.Si selaku Sekretaris I Jurusan Perikanan dan Kelautan.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang  keadaan penelitian penyakit  terumbu karang. “Penelitian tentang terumbu karang di Indonesia masih tergolong terbatas dan peminatnya pun kurang ”, ujar Bapak Ofri. “Sedangkan salah satu pulau yang terumbu karangnya banyak terkena penyakit karang adalah Pulau Pari di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Hal ini terutama jika memasuki musim kemarau.”

Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkala sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu lebih dan dapat termotivasi untuk menjadi peneliti di masa yang akan datang. Jalas Veva Jaya Mahe!

Maju Terus Pantang Menyerah!

Persiapan Kedatangan Native Speaker dari Jepang di FISIP UNSOED

Bertempat di Ruang Rapat Dekanat FISIP UNSOED, Rabu 15 Oktober 2104 diselenggarakan koordinasi antara Prodi Sastra Jepang FISIP dengan JICA untuk persiapan pengiriman native speaker (dosen) dari Jepang. Berkenan hadir Wakil Dekan I FISIP Dr. Masrukin, Sekretaris Jurusan Ilmu Budaya, Kaprodi Sastra Jepang dan beberapa staf pengajarnya. Sedangkan perwakilan dari JICA (Japan International Cooperation Agency) yang hadir Ms Hikichi Yuko dan Ms Mega Savitri.

 

Wakil Dekan I menghaturkan selamat datang kepada perwakilan JICA dan sekaligus terimakasih atas kepercayaan JICA bekerjasama dengan FISIP UNSOED. Kerjasama bantuan tenaga ahli kebahasaan dari JICA (Japan International Cooperation Agency) yang akan membantu mengakselerasi proses pembelajaran di program studi Sastra Jepang. Bahkan pak Masrukin menyampaikan bahwa jalinan kerjasama ini sangat menguntungkan FISIP UNSOED. Kerjasama Internasional merupakan salah satu proses penting bagi UNSOED menuju World Class Civic University.
Ms. Hikichi Yuko perwakilan JICA juga menyampaikan terimakasih atas sambutan dan kerjasamanya selama ini. Kedatangan tim JICA kali ini memang berhubungan dengan persiapan pengiriman native speaker. Semoga pengajar dari warga negara jepang tahap kedua, dapat memberikan kontribusi bagi keberlanjutan kerjasama ini, papar Ms. Hikichi. Kemudian acara dilanjutkan dengan koordinasi teknis antara pihak JICA dengan Program Studi Sastra Jepang dalam mempersiapkan kedatangan native speaker dari Jepang.
FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !
 

Halaman

Subscribe to Test RSS

Buletin

Jangan mau ketinggalan berita yang menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan kami.

Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto 53122.

EMAIL DAN SOSIAL MEDIA