Skip to main content

3.996 Mahasiswa Baru Mengikuti Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM)

Selama dua hari berturut turut yaitu hari Rabu tanggal 24 Agustus 2011 sampai dengan Kamis 25 Agustus 2011  mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman Tahun Akademik 2011/2012 sebanyak 3.996 orang mengikuti  Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM) yang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru.  Mereka terbagi dalam 106 kelas pada 8 (delapan) Fakultas.  Masing masing kelas terdiri dari 35 hingga 40 mahasiswa.

Setiap kelas akan dipandu oleh 1 (satu) orang trainer dan 1 (orang) co trainer, trainer adalah staf edukatif sedangkan co trainer adalah mahasiswa.

Menurut Ketua Panitia PKKM Drs. Mafudi, M.Si, Ak para  trainer dan co trainer ini telah mengikuti pelatihan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 15 – 18 Agustus 2011 sedangkan co trainer  selama 2 (dua) hari mulai tanggal 19 – 20 Agustus 2011, materi yang diberikan adalah materi yang akan diberikan kepada mahasiswa baru. Khusus untuk trainer di tambah satu hari yaitu bagaimana menjadi trainer yang baik. Bekal ini dianggap cukup oleh Mafudi untuk menjadi trainer, karena pelatihnya adalah para trainer yang pengalaman dan telah mengikuti palatihan PKKM tingkat Nasional antara lain Ir. Kusuma Widayaka, MP. Selain itu para trainer ini juga sebagian besar adalah dosen dan mahasiswa yang sudah beberapa kali mengikuti pelatihan dan menjadi trainer. Selain jumlah trainer dan co trainer yang cukup, juga ada Satgas Trainer 3 orang dan Satgas Co Trainer 6 orang.

Menurut Mafudi tujuan diselenggarakan Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM) ini adalah membentuk mahasiswa menjadi anak yang jujur, peduli, pekerja keras dan cerdas juga menanamkan jiwa, semangat dan nilai nilai kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam rangka membentuk karakter dan jati diri mahasiswa seperti  Panglima Besar Jenderal Soedirman, yang dengan gigih memperjuangkan Indonesia yang mempunyai motto MAJU TERUS PANTANG MENYERAH . (end)